Minggu, 01 April 2012

Resep Bika Ambon

Resep Bika Ambon

Bika Ambon
Bika Ambon banyak kita jumpai di pasar maupun di tempat penjualan kue. Kue Bika Ambon sangat diminati sebagian besar masyarakat kita, terutama rasanya yang manis dan lezat. Jadi cocok sekali jika menjadikan kue bika ambon sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.
Tapi sebelum menjadikannya sebagai peluang usaha, anda tentu harus belajar membuat sendiri kue bika ambon. Jika sudah bisa membuat dengan baik, baru anda kembangkan menjadi peluang usaha. Pembuatan kue bika ambon gampang-gampang susah lho…
Berikut resep pembuatan kue bika ambon.
Bahan A:
·         250 ml air hangat
·         150 gram tepung terigu
·         11 gram ragi instan
·         60 gram gula pasir
Bahan B:
·         800 ml santan dari 2 butir kelapa
·         300 gram tepung ketan
·         100 gram tepung kanji
·         20 kuning telur
·         9 putih telur
·         600 gram gula pasir
·         6 lembar daun jeruk
·         ½ sdt garam
·         Minyak untuk mengoles
Cara Membuat:
1.      Campur semua bahan A, kocok rata. Letakkan di tempat yang hangat, biarkan selama 1 jam hingga adonan berbuih.
2.      Masak santan dan garam sampai agak berminyak, sisihkan kira-kira 500 ml, hangat kuku.
3.      Kocok telur dan gula hingga mengembang dan sedikit kental. Masukkan campuran tepung ketan dan sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Lalu masukkan santan, aduk rata. Terakhir masukkan bahan A, aduk rata. Biarkan selama 1,5 jam di tempat hangat.
4.      Sementara itu panaskan oven dengan api dengan suhu 150 – 160 derajat Celsius. Olesi loyang muffin dengan minyak, letakkan loyang di dalam oven.
5.      Jika adonan sudah siap, tuang adonan hampir penuh ke dalam loyang. Taburi dengan kacang almond atau kenari. Panggang hingga adonan naik dan timbul lubang-lubang kecil (letakkan loyang di bagian bawah). Turunkan suhu oven, panggang hingga matang. Pada saat memanggang harus hati-hati, jika bagian luar kue mulai terlihat berwarna kuning kecokelatan, pindahkan loyang ke bagian tengah. Jika sudah selesai pindahkan loyang ke bagian atas, pakai api atas untuk membuat permukaan kue menjadi kuning kecokelatan. Angkat kue, dinginkan baru kemudian dikeluarkan dari cetakan.
Selamat mencoba.
Lihat artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar